MANAJEMEN PEMASARAN
Pengertian
Manajemen Pemasaran
Manajemen pemasaran merupakan proses perencanaan dan
pelaksanaan pemikiran, penetapan harga, promosi, serta penyaluran gagasan,
barang, dan jasa untuk menciptakan pertukaran yang memuaskan tujuan-tujuan
individu dan organisasi.
Umumnya orang beranggapan bahwa manajemen pemasaran
berkaitan dengan upaya pencarian pelanggan dalam jumlah besar untuk menjual
produk yang telah dihasilkan perusahaan. Tetapi pandangan ini terlalu sempit,
karena biasanya suatu organisasi (perusahaan) akan menghadapi kondisi
permintaan produk yang tingkatannya berbeda-beda. Pada suatu saat mungkin tidak
ada permintaan terhadap produknya, mungkin permintaannya cukup, permintaannya
tidak teratur, atau terlalu banyak permintaan, sehingga manajemen pemasaran
harus mencari jalan untuk mengatasi keadaan permintaan yang berubah-ubah ini.
Jadi, manajemen pemasaran tidak saja berkaitan dengan upaya mencari dan
meningkatkan permintaan, tetapi juga mengelola permintaan pada saat tertentu.
Kebutuhan dan keinginan memiliki konsep
inti pemasaran,yaitu :
Kebutuhan manusia
adalah suatu keadaan dirasakannya ketiadaan kepuasan dasar tertentu . Orang
membutuhkan pangan, sandang, rumah, rasa aman, rasa memiliki, harga diri dan
lain-lain untuk tetap hidup. Kebutuhan-kebutuhan ini tidak diciptakan oleh
masyarakat atau oleh para pemasar; kebutuhan ini sudah ada dan terlekat dalam tubuh
dan kondisi manusia.
Keinginan adalah
kehendak yang kuat akan pemuas spesifik terhadap kebutuhan-kebutuhan yang lebih
mendalam tadi . Orang Indonesia membutuhkan makanan dan menginginkan nasi,
orang Amerika membutuhkan makanan dan menginginkan hamburger. Pada masyarakat
lain, kebutuhan-kebutuhan dipuaskan dengan cara yang berbeda: di Indonesia
bagian Timur (Maluku) misalnya, rasa lapar dipuaskan dengan makan sagu, orang
Bali memuaskan kebutuhan mereka akan busana dengan pakaian khas di sana,
kebutuhan akan penghargaan dipuaskan dengan mengenakan kalung mutiara.
Perusahaan karenanya
harus mengukur bukan saja berapa banyak orang yang menginginkan produk mereka
tetapi, lebih penting lagi, berapa banyak yang secara nyata bersedia dan mampu
membelinya. Pemasar tidak menciptakan kebutuhan; kebutuhan sudah ada sebelum
pemasar. Para pemasar, bersama dengan pembawa pengaruh (influencer) lainnya
dalam masyarakat, mempengaruhi keinginan.
Perbedaan pasar
dan pemasaran
Pengertian “pasar” adalah tempat
dimana pembeli dan penjual berkumpul untuk mempertukarkan barang- barang mereka
atau lebih jelasnya tempat pertemuan pembeli dan penjual. Ekonom menggunakan
istilah tersebut untuk mengacu pada sekumpulan pembeli dan penjual yang
melakukan transaksi atas produk atau kelas produk tertentu. Pengertian pasar
menurut konsep pemasaran dipandang sebagai sasaran atau tujuan kegiatan
pemasaran . Oleh karena itu, pengertian menurut konsep pemasaran bukan bersifat
tempat yang statis. Pengertian pasar menurut pemasaran adalah:
Pasar adalah kelompok individual (perorangan maupun
organisasi) yang mempunyai permintaan terhadap barang tertentu, berdaya beli,
dan berniat merealisasikan pembelian tersebut.
Pasar terdiri dari semua pelanggan potensial yang
memiliki kebutuhan atau keinginan tertentu yang sama. Yang mungkin bersedian
dan mampu melaksanakan pertukaran untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan itu.
Atas dasar perilaku tujuan pembeliannya, pasar
dibedakan menjadi dalam dua kelompok. Yaitu pasar konsumen akhir (end users)
dan pasar konsumen antara (intermediate consumers).
Pasar konsumen akhir sering hanya disebut sebagai
pasar konsumen, meliputi pribadi atau rumah tangga. Tujuan pasar konsumen
mengkonsumsi barang adalah untuk keprluan sendiri dan untuk rumah
tangganya.pasar konsumen antara sering dikenal sebagai pasar produsen, pasar
industrial atau pasar organisasional. Tujuan pasar industrial mengkonsumsi
barang adalah untuk keperluan (diproses atau dijual) pihak lain.
PEMASARAN (bahasa Inggris: marketing) adalah proses
penyusunan komunikasi terpadu yang bertujuan untuk memberikan informasi
mengenai barang
atau jasa
dalam kaitannya dengan memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia.
Pemasaran dimulai dengan pemenuhan kebutuhan manusia
yang kemudian bertumbuh menjadi keinginan manusia. Contohnya, seorang manusia
membutuhkan air
dalam memenuhi kebutuhan dahaganya. Jika ada segelas air maka kebutuhan
dahaganya akan terpenuhi. Namun manusia tidak hanya ingin memenuhi kebutuhannya
namun juga ingin memenuhi keinginannya yaitu misalnya segelas air merek Aqua yang bersih dan mudah
dibawa. Maka manusia ini memilih Aqua botol yang sesuai dengan
kebutuhan dalam dahaga dan sesuai dengan keinginannya yang juga mudah dibawa.
Proses dalam pemenuhan kebutuhan dan keinginan
manusia inilah yang menjadi konsep pemasaran. Mulai dari pemenuhan produk
(product), penetapan harga (price), pengiriman barang (place), dan
mempromosikan barang (promotion). Seseorang yang bekerja dibidang pemasaran
disebut pemasar. Pemasar ini
sebaiknya memiliki pengetahuan dalam konsep dan prinsip pemasaran agar kegiatan
pemasaran dapat tercapai sesuai dengan kebutuhan dan keinginan manusia terutama
pihak konsumen yang dituju.
BAURAN PEMASARAN (MARKETING MIX)
Banyak diantara kita mungkin tidak menyadari bahwa
setiap produk yang kita beli atau konsumsi sebenarnya menjalani proses
penciptaan yang rumit hingga menjadi suatu produk yang sesuai dengan kebutuhan
dan keinginan kita. Membutuhkan biaya hingga menjadi produk yang dibutuhkan
konsumen, memerlukan komunikasi dari produsennya hingga kita mengetahui bahkan
mengkonsumsinya, dan mungkin juga menjalani perjalanan panjang hingga akhirnya
ada di tangan kita.
Kombinasi variabel atau kegiatan
memasarkan itulah yang merupakan inti dari sistem pemasaran. Sedikitnya ada 4
aktivitas pemasaran dan disebut dengan “Bauran Pemasaran” atau “Marketing
Mix”.Beragam definisi
atau pengertian “Bauran Pemasaran” atau “Marketing Mix” disampaikan
pakar marketing namun secara umum dapat disampaikan adalah kumpulan dari
variabel-variabel pemasaran yang dapat dikendalikan yang digunakan oleh suatu
badan usaha untuk mencapai tujuan pemasaran dalam pasar sasaran.
Jadi, bauran
pemasaran terdiri dari himpunan variabel yang dapat dikendalikan dan digunakan
oleh perusahaan untuk mempengaruhi tanggapan konsumen dalam pasar sasarannya.
Bauran
pemasaran terdiri dari 4 komponen, yaitu :
- Produk
- Harga
- Distribusi
- Promosi
Keempat
bauran pemasaran tersebut secara singkat dijelaskan sebagai berikut:
- Product (produk) adalah segala sesuatu yang ditawarkan kepada masyarakat untuk dilihat, dipegang, dibeli atau dikonsumsi. Produk dapat terdiri dari product variety, quality, design, feature, brand name, packaging, sizes, services, warranties, and returns.
- Price (harga) adalah sejumlah uang yang konsumen bayar untuk membeli produk atau mengganti hal milik produk. Harga meliputi last price, discount, allowance, payment period, credit terms, and retail price.
- Place (tempat) adalah berbagai kegiatan perusahaan untuk membuat produk yang dihasilkan/dijual terjangkau dan tersedia bagi pasar sasaran. Tempat meliputi antara lain channels, coverage, assortments, locations, inventory, and transport.
- Promotion (promosi) adalah berbagai kegiatan perusahaan untuk mengkomunikasikan dan memperkenalkan produk pada pasar sasaran. Variabel promosi meliputi antara lain sales promotion, advertising, sales force, public relation, and direct marketing.
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar