Kamis, 06 November 2014

tugas 4 (individu)



Perusahaan dan Lingkungan Perusahaan

I.     Pengertian perusahaan
Perusahaan suatu tempat untuk melakukan kegiatan proses produksi barang atau jasa. Hal ini disebabkan karena ‘kebutuhan’ manusia tidak bisa digunakan secara langsung dan harus melewati sebuah ‘proses’ di suatu tempat,sehingga inti dari Perusahaan adalah tempat melakukan proses sampai bisa langsung digunakan oleh manusia. Atau suatu unit kegiatan ekonomi yang di organisasikan dan dijalankan sebagai organisasi produksi yang tujuannya untuk menggunakan dan mengkoordinir sumber-sumber ekonomi dengan tujuan untuk menyediakan barang dan jasa yang bisa memuaskan kebutuhan dengan cara yang menguntungkan. Ciri-ciri perusahaan mencerminkan kekuasaan yang membuat perusahaan bersangkutan mudah dikendali. Ciri umumnya :
-          Operatif
-          Koodinatif
-          Regular
-          Dinamis
-          Formal
-          Lokasi
-          Pelayanan bermasyarakat
-           
Adapun Contoh Perusahaan :
-          PT. TRIANGLE GLOBAL DESIGN
-          PT. KUNCI BALIWERTI
-          CV. MULTI DIBI TELECOM
-          CV. LEONLY SINAR JAYA
-          CV. GOLDEN PRO

II.    Tempat dan Kedudukan Perusahaan
            Tempat dan letak perusahaan merupakan salah satu factor pendukung penting yang dapat menjamin tercapainya tujuan perusahaan. Dengan demikian,letak perusahaan harus diputuskan dengan hati-hati dengan dasar fakta yang lengkap,di tinjau dari aspek ekonomi maupun ospek teknis.
Pemilihan tempat dan letak perusahaan, faktor penting untuk menjamin tercapainya:
  • Tujuan perusahaan
  • Efisiensi perusahaan
  • Daerah pemasaran produk
  • Pindah tempat : tidak ekonomis dan peraturan pemerintah

A.    Tempat kedudukan perusahaan adalah kantor pusat perusahaan tersebut. Tempat kedudukan perusahaan pada umumnya dipengaruhi faktor kelancaraan hubungan dengan lembaga-lembaga lain seperti,keuangan pelanggan
B.     Letak perusahaan adalah tempat melakukan kegiatan fisik/pabrik,faktor ekonomi dan merupakan salah satu faktor penting yang menunjang efisiensi perusahaan terutama dalam kaitannya dengan biaya. Faktor-faktornya antara lain :
. tanah
. pajak
. tingkat bunga
. biaya atas jasa
. pihak ketiga,dll
Jenis-Jenis Letak Perusahaan
       Dibedakan menjadi 4, yaitu :
  • Terikat pada alam
Pada umumnya karena tersediaan dan kemudahan bahan baku.Contoh : Perusahaan timah, emas, minyak bumi.
  • Terikat sejarah
 Perusahaan menjalankan aktivitasnya di suatu  daerah tertentu karena hanya dapat di jelaskan berdasarkan sejarah. Contoh : Perusahaan batik, pekalongan.
  • Ditetapkan oleh pemerintah.
Perusahaan yang didirikan atas dasar pertimbangan, keamanan, politik dan kesehatan.Contoh : Perusahaan kimia, limbah dampaknya dapat ditekan serendah mungkin.

III.      Perusahaan dan Lembaga Sosial
Perusahaan adalah suatu unit kegiatan produksi yang menyediakan barang dan jasa bagi masyarakat jadi bukan untuk mencapai keuntungan maximal tetapi juga mempunyai tujuan membuka kesempatan kerja,pertimbangan politik dan upaya pengabdian masyarakat.
Lembaga sosial atau dikenal juga lembaga kemasyarakatan salah satu jenis lembaga sebagai yang mengatur rangkaian tata cara dan prosedur dalam melakukan hubungan antara manusia saat mereka menjalani kehidupan bermasyarakat keteraturan hidup.
Letak perbedaanya adalah pada seluruh kegiatan yang diarahkan untuk memperoleh laba. Terdapat tujuan lain seperti,memberi kesempatan kerja untuk mengurangi pengangguran,kemudian juga meningkatkan pendapatan pemerintah melalui pajak dan jasa prestise. Jadi perbedaan antara perusahaan dan lembaga sosial yaitu perusahaan dalam pendiriannya mereka berorientasi pada profit,artinya perusahaan didirikan perusahaan adalah suatu lembaga sosial. Dalam hal ini tentunya terdapat perbedaan antara perusahaan untuk menghasilkan laba sedangkan lembaga sosial berorientasi non profit misalnya seperti lembaga swadaya masyarakat (lsm),ylkl,dll

IV.      Lingkungan perusahaan
1.     Lingkungan eksternal

Ada 2 jenis lingkungan eksternal :

a.       Lingkungan eksternal makro adalah lingkungan eksternal yang member kontribusi lansung terhadap kegiatan dunia usaha. Contoh :
  • Keadaan alam : SDA, lingkungan.
  • Politik dan hankam : kehidupan operasional perusahaan sangat terpengaruh oleh politik dan hankam Negara dimana perusahaan berada : menciptakan.
  • Hukum
  • Perekonomian
  • Pendidikan dan kebudayaan
  • Social dan budaya
  • Kependudukan
  • Hubungan internasional.

b.      Lingkungan eksternal mikro adalah lingkungan eksternal yang tidak langsung member pengaruh terhadap kegiatan dunia usaha. Contoh :
  • Pemasok / supplier : yang menunjang kelangsungan operasi perusahaan.
  • Perantara, misalnya distribotur, pengecer yang berperan dalam pendistribusian hasil-hasil produksi ke konsumen.
  • Teknologi : yang berkaitan dengan perkembangan proses kerja, peralatan metode, dll.
  • Pasar, sebagai sasaran dari produk yang dihasilkan perusahaan.

Referensi :
sentikawiguna.wordpress.com/2010/10/09/mikro-dan-makro-dalam-dunia-usaha-perbedaan-antara-lingkungan-eksternal
http://fredrickgrld.blogspot.com/2012/01/perusahaan-dan-lingkup-perusahaan.html






Tidak ada komentar:

Posting Komentar